PERINGATAN HARI KARTINI BERTEMAKAN 'MBANGUN PROJO' DESA MANGGIS

Supri 27 Maret 2023 18:15:34 WIB

Minggu, 19 Maret 2023 Kader Sepeda Keren bersama forum anak Desa di Desa Manggis Kecamatan Panggul melaksanakan kegiatan yakni peringatan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2023, 'karena hari tanggal yang sama bertepatan dengan bulan Ramadhan maka peringatan kita laksanakan sebelum ramadhan tiba' kata Tini Sulistyo Wati selaku mentor sekaligus pendamping program Sepeda keren Trenggalek.

Kegiatan yang dilaksanakan di balai Desa Manggis ini tahun ini bertemakan 'Mbangun Projo' dalam bahasa sansekerta Mbangun bisa diartikan membangun dan Projo artinya negari/desa jadi Mbangun Projo mengandung arti 'bersama-sama kita membangun desa' mengutip yang disampaikan pak Sarmadan Kepala Desa Manggis dalam sela sambutannya.

Kegiatan berlangsung lancar dari sesi pertama upacara dengan bahasa Jawa Krama Inggil, sedangkan kegiatan di sesi kedua yaitu Sosialisasi Masyarakat bebas Narkoba dan nol Perkawinan Usia Anak.

Upacara dengan tema Jawa ini merupakan bentuk kampanye dukungan kader Sepeda keren untuk menggalakkan penggunaan Bahasa Jawa Krama Inggil dikalangan anak muda kepada orang tua mengingat bahasa Jawa yang menjunjung tinggi nilai kesopanan dan tata krama ini semakin luntur tergerus bahasa milenial anak muda. Upacara dimulai pukul 08.00 berlangsung kurang lebih 45 menit dengan pembina upacara oleh ibu ketua TPPKK Desa Manggis ibu Sunartun. Petugas upacara dari kader sepeda keren dengan peserta upacara dari unsur PKK, BPD, dan tokoh perempuan Desa Manggis yang semuanya mengenakan pakaian adat Jawa (kebaya).

Komentar atas PERINGATAN HARI KARTINI BERTEMAKAN 'MBANGUN PROJO' DESA MANGGIS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata