Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa

Administrator 01 Desember 2018 14:57:14 WIB

MANGGIS- Peranan penting yang dimiliki desa dalam pembangunan di negara ini dilihat dari kontribusi dalam segala aspek. Peran yang diemban oleh desa dalam rangka pembangunan telah diatur dalam Undang-undang No. 6 Tahun 2014, yang kemudian diatur lebih rinci dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia No. 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Dalam pelaksanaannya Pemerintah kemudian melalui Menteri dalam Negeri telah menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 114 Tahun 2014 yang mengatur secara lebih terperinci perihal Pedoman Pembangunan Desa. Inilah  sebabnya Pemerintah menyadari akan pentingnya pembangunan di tingkat desa.

Untuk hal itu, Pemerintah Desa Manggis menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur serta Kelembagaan Desa se-Desa Manggis yang digelar di balai pertemuan desa pada tanggal 11 Desember 2019.

Pelatihan tersebut di laksanakan 2 hari dan diikuti 60 orang, 30 orang untuk hari pertama dan 30 orang hari kedua meliputi dari Staff/perangkat, BPD, LPM, KPMD, TPK, RW, dan RT, dan dilaksanakan sesuai kapasitas masing-masing sehingga dalam kegiatan tersebut menggunakan tempat balai pertemuan dan kantor desa.

Ada 2 narasumber yang di hadirkan untuk memberi materi dalam acara tersebut, yang pertama Bapak Edif Hayunan Siswanto, S.Sos M.Si. selaku Camat Panggul dan narasumber kedua disampaikan Bapak dr. Danang Siregar selaku Kepala Puskesmas Bodag.

Jaka Suwarno ( Sekdes Manggis ) juga dari salah satu peserta dalam kegiatan tersebut, berharap “Semoga dengan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, dapat mendorong terwujudnya Desa Manggis yang maju, mandiri, dan sejahtera tanpa kehilangan jati dirinya sebagaimana dikehendaki pada UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Semua Lini siap untuk bekerja sesuai TUPOKSI masing-masing” harapnya. (yanto)

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata