Sejarah Desa

31 Januari 2017 19:18:39 WIB

Berdasarkan asal-usul daerah yang didukung adanya ciri-ciri dan cerita turun-temurun di kalangan masyarakat serta berbagai sumber informasi dari berbagai tokoh masyarakat, maka diungkap sejarah Desa Manggis. Berawal ketika perang Diponegoro meletus tahun ( 1825 - 1830 ) yang terakhir dengan tertangkapnya Sang Pangeran sebagai pemimpinnya.

Konon pada waktu itu banyak anak buahnya yang cerai berai dan sebagian melarikan diri ke Daerah Pacitan. Dari sini kemudian ada sebagian yang meneruskan perjalanan ke arah timur untuk mencari tempat yang lebih aman. Waktu itu masih banyak hutan belantara dan tibalah rombongan orang-orang pelarian pada suatu tempat untuk beristirahat dan ketika itulah banyak tumbuhan manggis disana - sini  yang buahnya sangat lebat. 

Semenjak itulah mereka sepakat menetap disitu dan menamakan daerah sesuai dengan nama buah manggis, pada akhirnya karena perkembangan jaman tersebutlah daerah itu menjadi sebuah desa dengan sebutan Desa Manggis.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata