Ribuan Udang Di Kali Manggis Mati Mendadak Diduga Diracun Orang

GWS 04 September 2019 07:47:41 WIB

Manggis, 4 September 2019 ~ Warga dan pemuda Desa Manggis Kecamatan Panggul dibuat gempar dan geram. Gara-garanya, semalam telah terjadi (diduga) penangkapan ikan dengan menggunakan racun (tuba) di Kali Manggis, Selasa (3/9) malam beberapa pemuda mendapatkan laporan dari warga yang sedang berada di Kali Manggis bahwa telah terjadi kematian ribuan udang secara mendadak. Mendapat laporan warga tersebut, para warga dan pemuda langsung menelusuri Kali Manggis untuk memeriksa keadaan yang sebenarnya terjadi. 

Setelah dilakukan pemeriksaan dibeberapa tempat di Kali Manggis, dibenarkan bahwa telah terjadi pencurian udang  dengan cara meracuni ikan dengan obat yaitu jenis decis (tuba). "Sungguh biadab dan keterlaluan, kita sudah intens melakukan sosialisasi melalui berbagai media tetapi nyatanya kejadian ini terus terjadi," kata WCP, tokoh pemuda. Kali Manggis merupakan bagian dari Sungai Gedangan yang melaintasi tiga kecamatan di Kabupaten Trenggalek. Sekedar informasi, Kali Manggis merupakan habitat berbagaijenis ekosistem air tawar seperti berbagai jenis ikan (bader/wader, cerek, sidat, dan lainnya serta berbagai jenis udang dan sebagainya).

Pemerintah Desa Manggis melalui TAPAK (Taruna Manggis Peduli Alam Sekitar) sebenarnya sudah seringkali melakukan kegiatan sosialisasi tentang pelarangan penangkapan ikan secara illegal. "Mereka (yang meracun ikan, red) selalu melakukan kegiatannya di malam hari pada saat warga terlelap atau pas ada kegiatan, sehingga sungai tidak ada yang menjaga," tambah SYT, tokoh pemuda sekaligus perangkat Desa Manggis tersebut. "Saya harap tidak terjadi lagi kejadian-kejadian seperti ini, dan saya menghimbau pada siapapun yang sudah meracun ikan malam ini akan kami kejar," tambahnya. Setelah melakukan pengintaian dan pencarian selama berjam-jam, pelaku yang melakukan peracunan sungai tersebut tidak ditemukan.

Komentar atas Ribuan Udang Di Kali Manggis Mati Mendadak Diduga Diracun Orang

08 September 2019 21:32:50 WIB
kalau di pancing boleh.. yang tidak boleh kalau menangkap ikan dengan obet2an dan setrum
08 September 2019 14:02:17 WIB
Mff ikany apa saja y..apa boleh di pancing
04 September 2019 10:32:40 WIB
engko gek patute ...... cah
Bejo 04 September 2019 08:34:22 WIB
Mugo2 udu wong manggis... Sing wis ngerti peraturane ning manggis.. Lek wong manggis jatah yo kebacottttt
04 September 2019 08:27:27 WIB
harus dikejar siapapun pelakunya dan tangkap, harus dibuat jera
Andi 04 September 2019 08:06:49 WIB
Siapapun tak ada toleransi kalau terbukti ada pelanggaran
04 September 2019 07:55:13 WIB
ayoo di selidiki sing tenan pelakune di hukum biar jera....

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata