Warga Dukuh Manggis Gelar Tirakatan Malam Kemerdekaan

GWS 20 Agustus 2019 14:28:09 WIB

Dukuh Manggis, 16 Agustus 2019 ~ Bertempat di RT 02 Dukuh Manggis Dusun Krajan Desa Manggis, tepatnya di jalan tengah RT 02, warga beserta mahasiswa KKN PPM UGM Desa Manggis tahun 2019 gelar malam tirakatan pada Jum'at malam Sabtu (16/08/2019) pukul 19.30 WIB.  Acara ini terselenggara berkat kerjasama yang baik seluruh warga Dukuh Manggis. Malam tirakatan kemerdekaan adalah kegiatan rutin yang telah dilakukan warga Dukuh Manggis dalam beberapa tahun terakhir sebagai wujud rasa syukur atas nimat kemerdekaan yang telah diberikan Alloh Yang Maha Kuasa kepada Bangsa Indonesia.

Kegiatan malam tirakatan berlangsung sangat meriah dan seluruh warga nampak antusias. Aara dimulai dengan pembacaan ayat suci alquran yaitu yasin dan tahlil yang ditujukan kepada arwah para pahlawan yang telahgugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Setelah pembacaan surat yasin dilanjutkan dengan untaian doa agar seluruh bangsa Indonesia tetap diberikan kemudahan dalam meneruskan cita-cita kemerdekaan. 

Selesai acara pembacaan alquran dan doa, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol peringatan Dirgahayau Kemerdekaan Republik Indonesia. Pemotongan tumpeng ini dilakukan oleh tokoh masyarakat setempat dan kemudian dibagikan kepada seluruh warga yang hadir. Bersama-sama seluruh warga nampak kompak dan rukun menikmati hidangan yang telah disajikan pada malam itu.

"Acara seperti ini akan terus dilakukan rutin setiap tahun, ya kalau anggaran dari hasil iuran warga", ungkap Pak Jemingan, Ketua RT 01 Dukuh Manggis. Beliau juga berharap dengan kegiatan seperti ini warga dapat terus memupuk rasa persatuan dan persaudaraan satu dengan yang lain sehingga tercipta lingkungan yang rukun, aman dan damai. Mengakhiri acara pada malam hari itu ditutup dengan kegiatan bersih-bersih bersama.

(GWS)

Komentar atas Warga Dukuh Manggis Gelar Tirakatan Malam Kemerdekaan

dian 01 September 2019 19:04:01 WIB
Suuuipp
menyak 30 Agustus 2019 00:23:05 WIB
mantuull

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata