Selamat Jalan Mahasiswa KKN PPM UGM Tahun 2019 di Desa Manggis

GWS 19 Agustus 2019 17:07:18 WIB

Manggis, 19 Agustus 2019 ~ Setelah menyelesaikan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) semenjak 2 bulan yang lalu, mahasiswa Universitas Gajah Mada yang berjumlah 15 (lima belas) orang hari ini secara resmi meninggalkan Desa Manggis. Sejak bulan juni tahun 2019 para mahasiswa ini sudah berada di Desa Manggis untuk melalukan KKN. Kelima belas mahasiswa ini dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok dusun Krajan bertempat di rumah Bapak Mahfudin RT 06 Desa Manggis. Kelompok kedua berada di Dusun Petung tepatnya di rumah Bapak Agus Gunawan RT 15 Desa Manggis. Kelompok ketiga berada di Dusun Pagerwatu yaitu di rumah Bapak Saiful Anwar RT 23. Masing-masing kelompok mahasiswa ini berjumlah 5 orang. KKN PPM UGM pada tahun ini jumlahnya menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang jumlahnya dua kali lipat dari tahun ini.

Para mahasiswa KKN PPM UGM ini selama di Desa Manggis melakukan berbagai macam kegiatan untuk pemenuhan tugas-tugas atau program-program selama kegiatan KKN.

Beberapa program tersebut antara lain:

  1. Pembuatan dan pemasangan rambu-rambu jalan baik berupa simbol atau tulisan;
  2. Pelatihan karawitan untuk anak-anak;
  3. Pelatihan seni tari;
  4. Pelatihan seni tari turonggo yakso;
  5. Pelatihan pertanian;
  6. Pembuatan master plan desa (seperti: desain kantor balai desa; batas-batas desa)
  7. Pembelian alat kesenian jaranan (seperti: gong, seragam, bassdrum dan lainnya)

Disamping beberapa program kegiatan di atas, ada lagi program-program kegiatan mahasiswa KKN PPM UGM diantaranya: bersama TAPAK melakukan kegiatan bakti sosial pembersihan sampah, penataan ulang koreografi jaranan Argo Budoyo, pelatihan wayang. Secara garis besar program mahasiswa KKN PPM UGM tahun ini adalah untuk mewujudkan Manggis sebagai Kampung Jaranan. Sehingga sebagian besar dari program pelaksanaannya adalah untuk pemenuhan dan mewujudkan Manggis sebagai Kampung Jaranan.

Puncak kegiatan KKN PPM UGM tahun ini adalah pada saat pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Aji Carito yang merupakan salah satu mahasiswa KKN. Selain pagelaran wayang kulit tersebut, para mahasiswa KKN PM UGM bekerjasama dengan Pemerintah Desa Manggis juga mengadakan pentas seni turonggo yakso dan pentas seni untuk umum.

Semoga apa yang telah dibuat dalam program kegiatan oleh para mahasiswa KKN PPM UGM selama di Desa Manggis ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh warga Desa Manggis. Sehingga di depan nanti akan menjadikan Manggis sebagai desa wisata yang berbudaya dan berakhlak mulia.

Terima kasih sudah menjadi bagian dari kami, semoga kesuksesan selalu menyertai kalian dimanapun kalian berada, dan jangan lupa untuk kembali ke desa kami.

Matur suwun...

(GWS)

Komentar atas Selamat Jalan Mahasiswa KKN PPM UGM Tahun 2019 di Desa Manggis

Kacang Bawang 19 Agustus 2019 17:42:50 WIB
Mantab terbaik KKN UGM! Lanjut!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata