Pagelaran Wayang Kulit Lakon "Bimo Suci" (Bagian 1)

GWS 12 Agustus 2019 15:00:13 WIB

Dalam rangka Peringatan Hari Besar Nasional Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74 tahun 2019, Pemerintah Desa Manggis bekerjasama dengan Mahasiswa KKN UGM akan mengadakan Pagelaran wayang kulit semalam suntuk pada Selasa, 13 Agustus 2019.

Acara ini diselenggarakan di Lapangan Desa Manggis tepatnya di Lapangan Tunggak Asem Dukuh Banteng Desa Manggis dengan menghadirkan dalang muda asal Jember yang sedang menempuh kuliah di Universitas Gajah Mada yaitu Ki Aji Carito serta tampilnya dalang cilik Kabupaten Trenggalek asal Desa Tangkil Kecamatan Panggul yaitu Yudha Bagus Setyawan, yang tahun ini menyabet gelar Dalang Cilik Sabet Terbaik pada Festival Dalang Cilik Provinsi Jawa Timur tahun 2019 di Ponorogo beberapa waktu yang lalu.

Adapun gelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut mengambil lakon Bimo Suci. Lakon Bimo Suci sendiri bercerita tentang kaum Kurawa di Astina ingin menjerumuskan pihak Pandawa dinegeri Amarta kedalam kesengsaraan, melalui perantaraan guru Durna. Bima/Bimo yang juga adalah murid guru Durna diberikan ajaran bahwa dalam mencapai kesempurnaan demi kesucian badan Bima diharuskan mengikuti perintah sang guru untuk mencari air suci penghidupan ke hutan Tibrasara. Bima mengikuti perintah gurunya dan yakin tidak mungkin teritipu dan terbunuh oleh anjuran gurunya, dan tetap berniat pergi mengikuti perintah sang guru, walaupun sebenarnya ada niat sang guru Durna untuk mencelakakannya. 

Bagaimana kisah selanjutnya? Jangan sampai anda lewatkan.

(gws)

 

Komentar atas Pagelaran Wayang Kulit Lakon "Bimo Suci" (Bagian 1)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata