Sambut Idul Adha Warga Dukuh Manggis Gelar Pawai Obor

GWS 12 Agustus 2019 14:23:46 WIB

Gema takbir berkumandang saling bersahut-sahutan menandai datangnya lebaran haji tiba yaitu Idul Adha 1440H. Lantunan takbir menggema diseluruh mushola-mushola dan masjid-masjid di Desa Manggis. Semangat bergelora demi menyambut hari raya Idhul Adha tahun ini juga dilakukan oleh warga Dukuh Manggis Dusun Krajan Desa Manggis khususnya RT 01 dan 02, secara bersama-sama dengan kompak mengadakan takbir keliling. Tua muda, laki-laki perempuan, larut dalam suka cita, menggemakan takbir sambil berkeliling jalan-jalan desa. Yang istimewa dari kegiatan takbir keliling ini adalah digunakannya oncor (obor api, red) oleh seluruh peserta takbir keliling dengan alunan musik khas yaitu gamelan.

Layaknya lautan api di sepanjang jalan yang dilewati pawai obor dengan alunan musik gamelan sambil takbir keliling ini sungguh sangat istimewa sekali. Menurut Pak Bangkit salah satu tokoh pemuda setempat mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sudah menjadi tradisi di Mushola Sabilurrohmah Dukuh Manggis setiap tahunnya, hanya bedanya tahun ini dilakukan dengan menggunakan obor dan diiringi gamelan. Harapannya rasa gotong royong dan kebersamaan seluruh warga ini semakin kuat dan kompak, tidak hanya pada saat kegiatan keagamaan tetapi juga kegiatan-kegiatan yang lainnya.

Selain obor atau oncor yang istimewa dalam kegiatan ini adalah digunakannya alat musik gamelan sebagai iringan gema takbir. Disinggung tentang gamelan yang di jadikan instrumen Pak Bangkit juga mengatakan bahwa hal ini sebagai ciri khas warga setempat dan untuk memupuk generasi muda agar mencintai dan mau menggunakan musik tradisional.

Kegiatan takbir keliling dengan pawai obor dan alunan musik gamelan ini terasa lengkap dengan ikut sertanya Mahasiswa KKN PPM UGM 2019, rasa antusias sangat terlihat dari wajah-wajah mereka. Menurut Afifa salah satu peserta KKN: "Ini pengalaman pertama bagi saya mas, apik sae lan gedhe (dengan bahasa Jawa medok) pokoknya keren lah mas". Para mahasiswa KKN UGM juga berharap acara-acara sepeti ini menjadi rutinitas bagi warga Dukuh Manggis khususnya dan Desa Manggis umumnya agar memiliki suatu ciri khas dan identitas. Selesainya acara takbir keliling ini ditutup dengan makan bersama di Mushola Sabilurrohmah dan dilanjutkan dengan takbir hingga pagi sebelum sholat ied dilaksanakan.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440H.

(kangcw)

Komentar atas Sambut Idul Adha Warga Dukuh Manggis Gelar Pawai Obor

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata