TAPAK (Taruna Manggis Peduli Alam Sekitar)

Administrator 18 November 2018 20:37:53 WIB

Tentang TAPAK

Desa Manggis melalui Bapak Kepala Desa yaitu Bapak Sarmadan kala itu ingin membentuk sebuah Satuan Tugas (Satgas) yang tugasnya menegakkan Peraturan Desa (Perdes) tentang lingkungan hidup. Pertama dibentuk satgas tersebut diberi nama Satgas Lingkungan Hidup. Begitu pentingnya tugas dari Satgas Lingkungan Hidup sehingga keberadaan satgas ini sangat penting dan diperlukan. Satgas ini memiliki anggota dari berbagai elemen masyarakat di Desa Manggis antara lain karang taruna, perangkat desa, warga desa dan lain sebagainya. Salah satu contoh kerja nyata satgas ini adalah mengadakan sosialisasi kepada seluruh warga tentang Perdes Lingkungan Hidup yang ada di Desa Manggis. Perdes tersebut antara lain berisi:

Larangan membuang sampah dan limbah di sembarang tempat;

1

Larangan menangkap dan membunuh ikan dengan strum, obat, dan benda lain yang mematikan secara sistematis dan masif;

2

Larangan menangkap, menembak, mimikat dan sejenisnya segala satwa yang hidup di alam liar.

3

Selain ketiga poin diatas masih banyak poin-poin penting yang lain. 

Mengingat begitu pentingnya satgas lingkungan hidup dengan kondisi alam Desa Manggis yang kurang sehat maka Bapak Kepala Desa kemudian memutuskan untuk memberikan nama kepada Satgas tersebut. Dari hasil musyawarah dengan berbagai elemen masyarakat dan anggota satgas sendiri maka diputuskan diberikan nama Tapak yang merupakan definisi dari Taruna Manggis Peduli Alam Sekitar. Maka sejak saat itu satgas lingkungan hidup berganti dan berubah nama menjadi Tapak dengan anggotanya dan sering dikenal dengan sebutan Team Tapak. Team Tapak beranggotakan mayoritas pemuda Desa Manggis dan warga Desa Manggis yang dikomandani oleh Bapak Suyanto sebagai Presiden Tapak.

Komentar atas TAPAK (Taruna Manggis Peduli Alam Sekitar)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata