Pasar Desa

Administrator 12 September 2018 21:33:42 WIB

Pasar desa ternyata mempunyai potensi yang sangat besar, baik dari segi ekonomi maupun sosial budaya yang hal ini sangat berperan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa setempat dan juga peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes). Akan tetapi sayangnya potensi tersebut belum dikelola secara maksimal, perlu adanya perhatian lebih dari pemerintah, terutama pemerintah desa yang menjadi pengelola pasar desa, agar potensi-potensi pasar desa bisa lebih dioptimalkan lagi.

Dalam hal ini tidak hanya kondisi fisik pasar saja yang perlu diperhatikan, tapi juga kondisi non-fisik seperti adanya payung hukum terhadap sistem pengelolaan pasar dan kesejahteraan para pedagangnya. Sebab konflik sosial yang terjadi di pasar desa tidak hanya dipengaruhi faktor fisik pasar saja tapi juga faktor non-fisik.

Jika potensi-potensi dari pasar desa ini bisa di kelola dengan baik, maka hal ini akan berdampak positif baik bagi masyarakat maupun pemerintah, dan pasar desa akan mampu bersaing dengan pasar-pasar modern yang berkembang pesat saat ini.

Komentar atas Pasar Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata