Kemanggisan, Cita Rasa Pasti, Dibuat Sepenuh Hati

Administrator 12 September 2018 20:48:40 WIB

Manggis- Sebagian besar wilayahnya berada di dataran tinggi, berbagai tanaman yang dapat diolah menjadi makanan khas dapat diperoleh di Desa Manggis. Kedatangan tim KKN PPM UGM 2018 ke Desa Manggis dalam hal ini salah satunya untuk menggali potensi UMKM yang terdapat di Desa Manggis. Selama kurang lebih 50 hari  mahasiswa tim KKN PPM melakukan pengamatan, penelitian sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang UMKM. Beberapa hasil yang didapatkan antara lain di Desa Manggis terdapat banyak masyarakat yang berpotensi produksi dan berwirausaha, di Desa Manggis terdapat bahan makanan yang mudah didapatkan seperti rempah-rempah, serta didapatkan peta persebaran UMKM di Desa Manggis. Namun keberadaan UMKM tersebut masih berdiri sendiri-sendiri. Sedangkan untuk menuju Desa wisata salah satu unsure yang memenuhi adalah adanya unsure bantu  wisatawan yaitu oleh-oleh yang akan dibawa wisatawan jika berkunjung ke suatu desa wisata.

Dari hasil-hasil tersebut mahasiswa tim KKN PPM UGM berinisiatif untuk memberikan satu solusi untuk menyatukan produsen-produsen  yang terdapat di Desa Manggis dengan mempersembahkan brand UMKM “ Kemanggisan  cita rasa pasti, dibuat sepenuh hati” dari KKN PPM UGM 2018 untuk Desa Manggis. Kemanggisan akan menjadi salah satu makanan khas yang ada di Desa Manggis yang mencangkup segala aspek produksi yang ada di Desa Manggis.

Brand Kemanggisan telah diresmikan secara simbolis oleh wakil bupati Trenggalek pada tanggal 5 Agustus 2018 bersamaan dengan acara Ngonceki Manggis. Hal tersebut menunjukkan bahwa salah satu potensi UMKM yang ada di Desa Manggis sangat dapat dikembangkan. Dengan adanya brand tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi salah satu unsure untuk Desa Manggis menuju Desa wisata dan akan berkelanjutan. (Desa Manggis/2018/ftr/ynt).

Komentar atas Kemanggisan, Cita Rasa Pasti, Dibuat Sepenuh Hati

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata