Desa Manggis Kedatangan KKN UGM (Universitas Gadjah Mada)

Administrator 12 September 2018 20:39:39 WIB

Manggis-Desa Manggis merupakan salah satu dari tiga desa (Desa Sawahan kecamatan Watulimo, Desa Wonocoyo dan Desa Manggis Kecamatan Panggul) yang terpilih oleh BAPPEDA Trenggalek untuk menjadi lokasi KKN PPM dari UGM pada tahun 2018 periode Juni-Agustus.  Kehadiran tim KKN PPM UGM 2018 merupakan yang pertama di desa Manggis. Dengan mengusung Tema “Strategi Perencanaan dan Pengembangan  Potensi Wisata “. Tema yang diususng sangat relevan dengan keadaan desa Maggis yang memang memiliki banyak potensi wisata yang belum tergali, sehingga dengan kehadiran tim KKN PPM UGM dapat memberikan sumbang sih dalam perencanaan Desa Manggis menuju desa wisata.

Sambuatan hangat dari warga desa manggis pada rombongan mahasiswa KKN PPM UGM berjumlah  30 orang yang berasal dari berbagai disipilin Ilmu dari Fakultas Ilmu Budaya, Ekonomika dan Bisnis, Farmasi, Geografi, Pertanian, sekolah vokasi dan Fakultas Teknik. Keberagaman disiplin ilmu tersebut  sangat relefan dengan program dan  tujuan yang diusung yaitu untuk mengumpulkan data-data sebagai dasar perencanaan dan pengembangan Desa Manggis meuju desa wisata.

Kegiatan yang diadakan  oleh tim mahasiswa KKN PPM UGM antara lain, sosialisasi kebudayaan, sosialisasi kepariwisataan, sosialisasi pertanian, sosialisasi kesehatan, sosialisasi kepemimpinan dan organisasi, sosialisasi perguruan tinggi serta beberapa kegiatan yang berupa fisik seperti pemasangan plang rambu jalan, pemasangan plang scothlite, pemasangan cermin cembung, pemasangan bak sampah, pemasangan penguat sinyal di beberap titik yang dipilih berdasarkan data-data yang telah diperoleh selama penelitian.  Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh para maahasiswa merupakan salah satu wujud pemberdayaan terhadap masyarakat Desa Manggis, sedangkan kegiatan fisik merupakan salah satu prototype program-program yang digalakkan serta sebagai wujud dari sosialisasi yang telah dilakukan sehingga antara pemberdayaan dan benda fisik yang telah dipasang terdapat kesinambungan, dimanfaatkan dan di rawat secara berkelanjutan untuk menuju Desa Manggis menuju desa wisata.

Kehadiran rombongan KKN PPM UGM 2018 di Desa  selama 50 hari  telah melahirkan beberapa hal baru di Desa Manggis antara lain, Posyandu Remaja Gajah Mada Desa Manggis, Brand UMKM Desa Manggis “ Kemanggisan cita rasa pasti, dibuat sepenuh hati”, festival kebudayaan yang bertema Ngonceki Manggis serta beberapa hasil penelitian seperti Peta Potensi wisata Desa Manggis, Peta Persebaran UMKM Desa Manggis, Peta batas Desa Maanggis, dan masterplan Desa Manggis yang Berjudul “ Laporan Pendahuluan Perencanaan dan Pengembangan Kawasan Pariwisata Masterplan Wisata Khusus Desa Manggis Kecamatan Panggul  Trenggalek- Jawa Timur.(Desa Manggis/2018).

Komentar atas Desa Manggis Kedatangan KKN UGM (Universitas Gadjah Mada)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata