Slawatan (Perpaduan Apik Jawa dan Arab)

Administrator 29 Agustus 2018 22:47:31 WIB

Slawatan merupakan salah satu kebudayaan tradisional Jawa yang berkembang di Desa Manggis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Slawatan berasal dari bahasa Arab Sholawat. Sesuai dengan asal katanya, budaya slawatan hampir mirip dengan sholawat yang ada di tempat-tempat lainnya. Namun  banyak hal yang membedakan Slawatan yang terdapat di Desa Manggis ini dengan slawatan yang ada di tempat lain. Dalam pengertian lain slawatan adalah sebuah ritual pembacaan bait-bait kalimat yang dilafazkan dengan setengah bernyanyi dan suara melengking. Dibarengi dengan tabuhan trebang dan kendang sebagai alat musiknya. Kalimat yang di bacakan adalah petuah atau petunjuk yang diambil dari kitab islam kejawen. Ritual ini dilakukan pada orang yang mempunyai hajatan contoh; sunatan (khitanan), tasyakuran 7 hari bayi (mitung mbengeni) dan sebagainya.

Perbedaan-perbedaan itu dapat dilihat dari beberapa sisi antara lain dalam slawatan  pemain yang berperan hanya berjumlah tujuh orang, pemain adalah orang yang sudah berusia lanjut, slawatan diiringi dengan adanya sesaji yang disesuaikan dengan hajat masing-masing tuan rumah. Selain itu bacaan yang diungkapkan dalam  budaya slawatan adalah mengikuti bacaan sesuai ajaran yang diturunkan secara turun menurun. Slawatan menggunakan bahasa Jawa yang dilagukan sedemikian rupa secara kompak oleh pemain sehingga menimbulkan suatu keindahan. Dalam naskah yang dibacakan teks bertuliskan dengan aksara pegon dan berbahasa Jawa.

 

Komentar atas Slawatan (Perpaduan Apik Jawa dan Arab)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Jurnalis

Bagi Generagi Bangsa (Khususnya Warga Desa Manggis) yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari...... bergabung dengan kami di website Desa Manggis, caranya...... Klik menu "Jurnalis" di bawah ini. Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri.

Mulai Berkarya Nyata